Sunday, January 24, 2010


AGE OF CONAN
THE HYBORIAN ADVENTURE
Genre: Online-Action    Publisher: Funcom/Eidos Interactive
Developer: Funcom   Release: Mei 2008

Disamping console game, persaingan dalam bidang game online dewasa ini juga
semakin memanas dengan banyak bermunculannya beragam judul game online yang menarik. Salah satunya adalah Age of Conan: Hyborian Adventures game yang merupakan hasil kerjasama antara Funcom dan Eidos Interactive yang beberapa waktu lalu dirilis ke pasaran. Walaupun pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama(dimulai dari tahun 2006 kemudian baru di release tahun 2008), namun semua usaha Funcom sudah tebayar karena di awal perilisannya saja sudah ada 500.00 gamer yang memainkannya.
Age of Conan menghadirkan battle system yang mantap sebagai pendukung gameplay-nya yang difokuskan pada battle, sehingga cocok dimainkan oleh gamer yang menyukai genre action. Dalam Age of Conan dihadirkan beberapa feature yang selalu muncul dalam setiap jenis battle dari game-nya; salah satunya adalah Age of Conan menawarkan Mounted combat, Ranged Combat dan Siege Warfare.

MOUNTED COMBAT
Hampir semua game online memungkinkan gamer untuk memiliki binatang tunggangan atau mount, tapoi kebanyakan fungsinya hanyalah sebagai alat transportasi saja. Melihat potensi yang dimiliki oleh feature ini maka Funcom menghadirkan Mounted Combat, kemampuan bagi gamer untuk memakai binatang tunggangan kita dalam peperangan.
Setelah mencapai level yang dibutuhkan, nantinya gamer dapat membeli binatang tunggangan sesuai dengan keinginan (kuda, Mammoth, Badak dan sebagainya). Perlu diperhatikan bahwa tiap jenis tunggangan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika memilih Mammoth misalnya, serta sulit dikendalikan namun dapat menimbulkan damage yang besar. Sementara jika memilih kuda, walau geraknya cepat tapi tentu damage yang dihasilkan tidak sedashyat mammoth. Yang menarik, setiap jenis tunggangan juga memiliki variasi yang beragam. Misalnya beberapa jenis kuda dapat bergerak lebih cepat, sementara jenis lain bisa memakai armor yang lebih kuat.

Pemakaian binatang tunggangan dalam peperangan juga memerlukan strategi yang mantap karena masing-masing jenis memiliki kelebihan tersendiri, jadi tidak hanya sekedar ditunggangi ke medan perang saja. jika menaiki Mammoth misalnya , binatang ini memiliki health yang tinggi sehingga mampu menerima damage dalm jumlah besar sebelum akhirnya mati. Sedangkan badak memiliki kulit lebih tebal yang berarti mempunyai defense yang mantap. Namun perlu diperhatikan bahwa jika karakter kita mati sewaktu menaiki tungganganmu maka binatang tersebut ikut mati; begitu juga sebaliknya. Pengendalian biatng tunggangan juga memiliki pengaruh besar dalm peperangan sehingga gamer waji menerapkan strategi berbeda sesuai dengan jenis mount yang dimiliki. Ketika menaiki Mammoth, strategi paling baik adalah mempercepat laju tungganganmu dari jauh karena binatang ini memiliki akselerasi yang lambat. Namun ketika mencapai kecepatan penuh, damage yang dihasilkan ketika tungganganmu dipakai untuk menabrak musuh tentu sangat besar.

RANGED COMBAT
Ranged combat merupakan sebuah feature khusus yang diperuntukan bagi job class Ranger karena hanya mereka yang dapat menggunakan senjata jarak jauh. Tapi berbeda dengan kebanyakan game online lainm sistem penggunaan senjata jarak jauh dalam Age of Conan telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga lebih mantap. Sebagai contoh: untuk mendapatkan akurasi yang lebih baik maka gamer dapat memakai first-person view  dimana kita akan menemukan crosshair untuk mengarahkan sasaran. Kalian juga bisa menembak musuh dalam third-person view dimna nantinya akan muncul cone targetting untuk membantu kalian dalm menembak lawan. Dengan begitu maka gamer dapat memilih sendiri gaya penyerangan seperti yang diinginkan. Namun perlu diperhatikan bahwa kedua gaya penyerangan in memiliki perbedaan jarak tembak karena dengan memakai gaya first-person maka gamer dapat menembak lebih jauh.

Dalam Age of Conan, pemakaian strategi Ranged Combat ternyata memiliki keunikan tersendiri dengan munculnya combo attack. Feature ini hanya bisa dilakukan oleh Ranger dimana dengan melakukan rangkaian serangan tertentu maka kita dapat melancarkan serangan khusus, misalnya combo Harmstring Snipe dimana di akhir serangan kita akan menembakkan panah berduri ke kaki musuh sehingga mereka tidak dapat bergerak dalam kecepatan penuh. Bahkan tidak tertutup kemungkinan jika combo yang kita lakukan dapat menghabisi musuh dalam sekali serang, atau panah yang ditembakkan menembus musuh lain yang berada di belakang. Uniknya, pihak Funcom menghilangkan keharusan untuk membeli amunisi karena dianggap tidak efektif. Jadi kalian hanya harus membeli tiap anak panah, maka secara otomatis anak panah juga memiliki atribut tersendiri sehingga memberikan efek berbeda, misalnya panah berapi yang dapat membakar musuh atau memiliki damage yang lebih besar

PVP SIEGE WARFARE
Dalam Age of Conan, semua guild besar dapat menciptakan kota mereka sendiri dimana dengan melakukan hal tersebut maka masing-masing anggotanya bakal mendapatkan keuntungan tersendiri. Misalnya mendirikan temple yang dapat meng-upgrade kemampuan seorang healer, atau mendirikan blacksmith agar dapat membuat senjata sendiri. Namun akibat terbatasnya lahan yang tersedia maka peperangan antar guild untuk memperebutkan sebuah kota pasti bakal terjadi, dan untuk itulah Funcom telah menyiapkan sebuah feature yang dinamakan PvP Siege Warfare. Intinya adalah dalam feature ini gamer akan memainkan player didalam situasi perang yang bersifat group dan melawan musuh yang banyak juga dalam bentuk group yang besar. Yang terpenting disini adalah bagaimana berperang dengan mengandalkan group sebagai contoh tentara dari bangsa kita, jadi kita berperang melawan musuh atau tentara lain dengan mengandalkan bangsa dan skill pertempuran kita.

Diasamping menghadirkan feature-feature yang menarik Age of Conan juga menawarkan beragam sejarah(meski fiktif) tapi menarik untuk disimak. Salah satunya mengenai Hyborian Age, setting yang digunakan oleh game ini.

Written By:Frits.Sandy.T(Mh-Master Legend)

No comments:

Post a Comment